cerita mbun

7 Tips Menjaga Hubungan Rumah Tangga Tetap Harmonis



   Setiap pasangan suami istri pasti ingin hubungan rumah tangganya selalu hamonis setiap hari. Tapi, seiring berjalannya pernikahan, tak semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal yang bisa memicu pertengkaran bahkan berujung hancurnya rumah tangga.

   Meski cara pasangan yang satu dengan yang lain dalam menjaga hubungannya berbeda, kamu bisa mencoba hal-hal berikut untuk menjaga agar hubungan kamu tetap harmonis untuk kamu praktikan dalam rumah tangga kamu.

1. Komunikasi dua arah
   Dalam rumah tangga, hal yang terpenting adalah komunikasi. Kamu bisa memberitahukan kepada pasangan, hal apa yang kamu suka, tidak suka dan yang kamu butuhkan dari pasangan. Wanita biasanya didominasi dengan perasaan, sehingga mereka menunggu suami itu peka. Sedangkan cara kerja lelaki adalah dengan menggunakan logikanya. Suami beranggapan apa yang dibutuhkan seharusnya disampaikan saja. Mau sampai kapan menunggu?
   Kalau saling menunggu untuk peka, kapan kamu bisa mengungkapkan isi hati kamu kepada pasangan? Inilah yang membuat banyak pasangan bertengkar karena tidak adanya komunikasi. Karena merasa pasangan tidak peka, tidak mengerti apa yang dibutuhkan pasangan. Bagaimana pasangan mau mengerti keinginan kita kalau kita tidak mengungkapkannya?

2. Saling terbuka satu sama lain
   Memasuki kehidupan pernikahan, ada sebab yang terjadi, salah satunya hilangnya hak privasi. Sudah tidak ada lagi rahasia diantara pasangan. Semuanya harus diketahui dan dibicarakan. Saling terbuka dalam hal keuangan salah satunya juga penting agar tidak ada kecurigaan dalam pasangan, sehingga pasangan mengetahui pemasukan dan pengeluaran dalam rumah tangga digunakan untuk apa saja.
   Jika suami istri ada masalah pekerjaan masing-masing, baiknya juga diberitahukan kepada pasangan agar dicarikan solusinya sehingga dampaknya tidak berakibat kepada pernikahan karena telah menyembunyikan sesuatu. Apapun itu, jangan ada yang disembunyikan. Baik kabar gembira maupun masalah, jangan lupa beritahu pasanganmu ya!

3. Memberikan kebebasan pada pasangan
   Jangan kaget dulu karena ada kata “kebebasan” ya. Kebebasan yang dimaksud disini adalah memberikan hak pada pasangan untuk melakukan hobinya atau kegiatan positif lain demi mengembangkan minat dan bakatnya. Asal suami dan istri tidak melupakan hak dan kewajibannya dalam keluara. Tetap keluarga prioritas nomor satu. Tapi bukan berarti kamu membatasi segala hal yang dia sukai bukan?
   Menikah bukan berarti kamu terpenjara dan terkekang bukan? Kamu masih bisa bertemu teman-teman kamu, melakukan hobi kamu atau bahkan me time sekalipun. Hal-hal seperti itu perlu loh, agar kamu juga tidak stres dalam mengurus rumah tangga juga tetap menjaga pikiran kamu tetap positif.

4. Saling mengerti, menghormati dan menghargai pasangan
   Tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga pasangan kamu. Kitalah yang menciptakan kesempurnaan itu. Tetap hormati dan hargai kekurangan pasangan. Kamu boleh meminta sesuatu pada pasangan, demi menjadikannya lebih baik, saling mendukung atas passion satu sama lain. Tidak dengan mengejek atau menghinanya.
   Menghinanya karena tidak bisa melakukan sesuatu hanya akan membuat kalian selalu bertengkar. Kita harus bisa menghormati pasangan yang sedang ingin sendiri. Karena mood itu naik turun, kamu harus bisa mengerti. Pasangan ingin sendiri bukan karena dia benci atau tidak suka dengan kamu, tapi dia perlu waktu untuk menstabilkan kembali pikirannya yang sedang ruwet. Bukan dengan menyalahkan, karena bisa membuat pasangan semakin ruwet dan akhirnya kalian bisa bertengkar.

5. Ingat kembali visi dan misi pernikahan
   Ketika kamu sedang bertengkar atau beda pendapat dengan pasangan, kamu ingat kembali bagaimana dulu kalian merencanakan sebuah pernikahan. Ingat kembali tujuan kamu menikah untuk apa? Bukankah tujuannya agar menjadi lebih bahagia?
   Jadikan setiap pertengkaran sebagai bahan intropeksi kamu dan pasangan untuk menjadi lebih baik dan bahagia lagi tentunya. Menyamakan kembali persepsi rumah tangga.

6. Jadwalkan waktu untuk berlibur bersama
   Padatnya akivitas kalian pasti membuat stres dan waktu mengobrol bersama berkurang. Kalian bisa rencanakan berlibur kalian berdua. Pergi makan malam berdua, jalan-jalan ke mall, nonton film di bioskop atau pergi ke tempat wisata juga bisa menjadi hal yang menyenangkan bersama pasangan. Dalam kesempatan tersebut kalian bisa mengobrol lebih banyak. Kalian bisa rencanakan itu satu bulan satu kali atau sesuai waktu yang kalian sepakati.
   Untuk berdua bersama suami dan istri tidak perlu pergi berlibur, di rumah pun bisa menjadi hal yang menyenangkan bersama. Bisa dengan menonton televisi bersama, memasak, atau meminum teh di sore hari. Dengan meninggalkan gadget masing-masing, kalian punya waktu untuk sharing kegiatan atau rencana-rencana kalian kedepan.  

7. Mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa
   Selalu ingat kepada sang pencipta, dekatkan diri kepada-Nya akan membuat hati tenang dan nyaman. Jika kamu sedang bertengkar, kamu bisa tilawah agar hati kembali tenang. Untuk bisa rutin tilawah kamu bisa kunjungi web www.onedayonejuz.org.
   Ada banyak cara mendekat kepada-Nya, salah satunya dengan bersedakah. Membuat kalian bisa berbagi dengan yang lain dan bisa mendatangkan rezeki pada keluarga kalian. Semoga pernikahan kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan mendapatkan keberkahan, aamiin.

Related Posts

Posting Komentar